Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Sejarah

Yayasan Komunitas Belajar Indonesia (Yakobi)

Merupakan lembaga nirlaba yang berkomitmen untuk  menciptakan komunitas  belajar  yang  kreatif, berdaya, antusias dan dinamis di Kabupaten Berau melalui peningkatan kualitas dan kapasitas komunitas belajar yang bertujuan untuk membangun kemandirian dan kemerdekaan terhadap kebutuhan pendidikan bagi anak – anak, remaja dan orang dewasa .

Yakobi mendorong tumbuhnya komunitas – komunitas belajar yang mandiri dengan pendekatan pendidikan informal sebagai pusat pengajaran, pengetahuan, dan informasi dalam bentuk mobilisasi kelas masyarakat. Proses belajar kreatif, menyenangkan dan keberanian menggambarkan mimpi digunakan sebagai metode untuk menggali pengetahuan dan kebanggaan lokal untuk meningkatkan kapasitas dan mentalitas SDM lokal di Kabupaten Berau.

Komunitas belajar  ini diawali dari penyelenggaraan kursus Bahasa Inggris (ELC Berau) yang telah banyak memberikan kontribusi untuk pendidikan kreatif di Kabupaten Berau sejak tahun 2006.  Kemudian komunitas belajar ini bertransformasi menjadi YAKOBI untuk meluaskan program  dan menjangkau wilayah yang lebih luas.

YAKOBI lahir pada pertengahan tahun 2011, dibulan kemerdekaan sebagai refleksi  terhadap kemerdekaan potret  pendidikan di Indonesia.  Sejak tahun 2011 pula YAKOBI telah aktif memfasilitasi berbagai kegiatan pendidikan dan konservasi lingkungan bersama mitra lokal, nasional dan internasional serta menjalin komunikasi aktifjaringan Guru, Pemuka  Agama dan Masyarakat .

Yayasan Komunitas Belajar Indonesia  (YAKOBI)  berkedudukan  di pusat kota Tanjung Redeb,  Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. YAKOBI saat ini memfokuskan mimpi besarnya untuk  membangun Sekolah Alam untuk mendorong pendidikan yang kreatif, inspiratif  dan  menyenangkan. Sejak awal tahun 2013 YAKOBI telah  memfasilitasi lebih dari 60 anak  untuk pendidikan gratis melalui program membership dan memberdayakan lebih dari 10 mahasiswa lokal sebagai tenaga pengajar.

Struktur dasar organisasi  YAKOBI  terdiri atas Pembina, Pengawas dan Susunan Pelaksana Program yang melakukan pertemuan secara berkala dengan berbagi saluran media komunikasi. Pelaksana program YAKOBI  awalnya digawangi oleh mahasiswa putra-putri daerah Kabupaten Berau yang dikenal dengan sebutan fantastic five, dan sekarang telah dilanjutkan oleh para putra-putri daerah yang juga penuh dedikasi. 

Sambutan

Sambutan Direktur Yakobi

Salam Hangat kami sampaikan kepada seluruh lingkar belajar di Bumi Batiwakal Berau. Kami dari Yayasan Komunitas Belajar Indonesia (Yakobi)  sebuah lembaga nirlaba yang berkomitmen untuk menciptakan komunitas masyarakat yang kreatif, berdaya, antusias dan dinamis di Kabupaten Berau melalui peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia.

Yayasan Komunitas Belajar Indonesia (Yakobi) dalam upaya mewujudkan visi besar dan komitmennya, berusaha untuk menuangkannya dalam beberapa bentuk misi peningkatan kapasitas  dan kreatifitas melalui pengembangan kopetensi SDM, menumbuhkan kesadaran untuk pendidikan yang bermakna berwawasan dan berkelanjutan untuk mencapai keilmuan yang integral serta membangun jaringan pendidikan terutama yang berada di Kabupaten Berau.

Website ini akan berisi update kegiatan yang sedang dilakukan atau yang telah dilakukan dengan lingkar belajar terkait dalam jaringan pendidikan yang sedang Yakobi bangun. Bagi kami, penting sekali untuk membangun komunikasi antar pihak demi mewujudkan tujuan-tujuan yang bermanfaat bagi komunitas belajar secara berkelanjutan kedepan.

Kami pun berharap apa yang kami lakukan mendapatkan dukungan dari semua pihak baik di tingkat nasional maupun internasional.

Akhir kata, kami berharap informasi singkat ini dapat memberikan gambaran dan manfaat kepada seluruh lingkar belajar.

Salam,

Sariadi Hamda
Program Direktur
Visi

‘Community Learning Center’ / YAKOBI LC sebagai wadah sekolah informal, taman belajar kreatif, dan kebun botani lokal.

Yakobi mampu membangun pendekatan Al Home Schooling yang dapat menjangkau 10 kampung model pada 6 kecamatan Hulu & Pesisir oleh fasilitator terbaik Indonesia.

Proses belajar diwadahi PKBM dan TBM. Pengelolaan pembelajaran terpromosikan didalam platform ICT melalui web portal terkait kerja inspiratif konservasi dan produk kreatif masyarakat Berau, secara kelembagaan menjadi organisasi lokal yang mumpuni secara kapasitas SDM, Pendanaan, dan Organisasi.

Misi

Misi

01

Meningkatkan Pendidikan Komunitas yang berkelanjutan, berbudi perkerti luhur dan berwawasan lingkungan

02

Mengembangkan dan menyebarluaskan wawasan keilmuan integral ( tercapainya keseimbangan antara mentalitas, pengetahuan dan keimanan)

03

Mendorong pendidikan yang berkualitas dan bermakna di Kabupaten Berau (hulu – pesisir)

Tujuan Strategis

Tujuan Strategis

Terbangun Community Learning Center / Yakobi Learning Center, Sebagai wadah sekolah informal, taman belajar kreatif , dan kebun botani lokal.

Yakobi mampu membangun pendekatan All Home Schooling yang dapat menjangkau 10 Kampung model pada 6 kecamatan hulu dan pesisir oleh fasilitator terbaik Indonesia.

Proses belajar diwadahi PKBM dan TBM, Pengelolaan pembelajaran terpromosikan didalam platform ICT melalui Web-Portal terkait kerja inspiratif konservasi dan produk kreatif masyarakat Berau. Secara kelembagaan menjadi organisasi lokal yang mumpuni secara kapasitas SDM, Pendanaan, dan Organisasional.

Struktur Organisasi

Badan Hukum:

Status Lembaga : Yayasan

No SK Kemenkumham : AHU-2757.AH.01.04.Tahun.2014

NPWP : 03.232.755.3-727.000

Email : info@yakobi.org

Mitra Strategis

Yayasan Anak Kampung Cimande (YAKC)

Merupakan lembaga nirlaba yang berkomitmen untuk menciptakan komunitas yang kreatif, berdaya, antusias dan dinamis di Kampung Cimande melalui peningkatan kualitas dan kapasitas komunitas belajar.

Mitra Strategis

PPI Australia

Perhimpunan Pelajar Indonesia yang menaungi pelajar Indonesia di Australia. Bertempat di kota Canberra, Australian Capital Terriroty (ACT), tanggal 8 Maret 1981, para pelajar Indonesia di Australia mendeklarasikan berdirinya organisasi pelajar Indonesia, yang bernama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Australia[1], dengan berasaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Mitra Strategis

Perhimpunan Indonesia Belajar (PIB)

Dibangun dengan semangat menghubungkan (connecting) Indonesia – Australia sebagai salah satu pilar untuk memperkuat (enhancing) penyebaran pendidikan berkualitas di Indonesia. Melalui kerangka ini, kemitraan (partnership) menjadi aspek sangat signifikan untuk menopang laju aktifitas PIB.

Mitra Strategis

PCNU Kabupaten Berau

Portofolio

Portofolio

No.Nama ProyekPeriodeNama Donor
1 Pengembangan Mulok PI + Pemanasan Global 4 SD di kawasan HLSL 2011 - 2012 TNC - MENAPAK
2 Organizing Training and Capacity Building Programme for Grassroots Stakeholders for REDD+ in Berau, East Kalimantan, Indonesia. 2012 - 2013 Regional Community Forestry Training Center (RECOFTC), Thailand
3 Fasilitasi Workshop - workshop Peningkatan Kapasitas dan Penguatan Kelembagaan untuk OMS di Berau 2012 - 2013 The Nature Conservancy
4 Fasilitasi Sosialisasi dan Diskusi Peluncuran TFCA Kalimantan 2013 - 2013 The Nature Conservancy
5 Fasilitasi Eksibisi Berau Hijau : Deklarasi pembentukan Forum Komunikasi Berau Banuanta 2013 - 2013 The Nature Conservancy –Pokja REDD Kab. Berau
6 Facilitation US Speaker Program 2014 - 2014 US Ambassy
7 Community Service Day 2011 - 2013 YAKOBI, PC NU Berau, PT Berau Coal
8 CFS :Training of the Village’s Information System and Finance Software : Phase 2
• Facilitating input for Village’s Information System and Finance Software
• Training of the Village’s Information System and Finance Software for 115 users
• Conduct study and develop ADK road map of Berau District
2014 - 2014 The Nature Conservancy
9 CFS : Training of the Village’s Information System and Finance Software : Phase 1 2013 - 2014 The Nature Conservancy