Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Program

SIMAK

Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan Kampung (SIMAK) untuk pengelolaan dana Alokasi Dana Kampung telah dikembangkan dengan merujuk pada UU 6/2014 tentang Desa, PP 43/2014 tentang peraturan pelaksanaan UU desa,PP nomor 60/2014 mengenai dana desa yang berasal dari APBN serta permendagri 113/2014 mengenai pengelolaan keuangan desa yang menggantikan regulasi sebelumnya yaitu permendagri no 37 tahun 2007.

Aplikasi SIMAK dikembangkan untuk mendukung pengelolaan informasi keuangan Alokasi Dana Kampung (ADK) yang akuntabel, transparan dan partisipatif pada 100 Kampung di Kabupaten Berau.

Aplikasi SIMAK dikembangkan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (BPMPK) Kabupaten Berau, Yayasan Komunitas Belajar Indonesia dan The Nature Conservancy.

Program

Pendidikan Informal

Pendidikan Informal merupakan layanan pendidikan berbasis masyarakat yang memiliki peran strategis sebagai wadah untuk memfasilitasi peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat.  Pendidikan informal muncul sebagai konsekuensi dari tuntutan perubahan paradigma belajar dari model pembelajaran tradisional ke arah model pembelajaran moderen.  YAKOBI membangun instrumen pendidikan melalui pendekatan psikologi positif dengan model pendidikan keluarga (homeschooling) yang mensinergikan  aspek sosial, lingkungan dan ekonomi melalui proses pembelajaran sepanjang hayat guna meningkatkan kualitas hidupdan kesejahteraan masyarakat.

Pendidikan tidak lagi dipandang terpisah antara interaksi sosial, lingkungan sekitar dan peluang –peluang ekonomi melalui potensi dan kompetensi lokal yang ada.  Pendekatan ini menanamkan esensi dasar dalam pendidikanyaitu pengetahuan, keterampilan, perspektif dan nilai-nilai untuk menciptakan lingkungan yang positif, perubahan sosial dan ekonomi. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan sikap kritis dan kreatif bagi manusia sehingga menjadi komunitas yang berdaya dan menciptakan hasil yang berkelanjutan. Konsep ini yang disebut dengan pendidikan pembangunan berkelanjutan .

Untuk menjembatani kebutuhan program pendidikan informal tersebut YAKOBI mendirikan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) sebagai satuan penyelenggaraan pendidikan informal dibawah pembinaan unit Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Diknas Pendidikan Kabupaten Berau.

Pendidikan Informal

English Learning Community

English Learning Community adalah adalah program yang khusus di tawarkan kepada peserta kursus (anak-anak, pelajar dan orang tua)  yang ingin lebih mendalami keilmuan yang diminati. Berbeda dengan program YAKOBI lainnya, program belajar kursus lebih terprogram dalam bentuk pengelolaan kelas – kelas reguler berbayar dengan menggunakan sistem paket reguler atau privat. Kursus reguler akan di dampingi oleh tenaga pengajar (tutor) yang berpengalaman di bidangnya. Penjaringan tenaga pengajar dilakukan melaui proses fasilitasi peningkatan kapasitas rutin yang dinamakan dengan Enlightening Tutor Training (ETT). Setelah melalui fasiltasi tersebut, pengajar dapat memilih untuk masuk menfasiltasi program kelas gratis, komunitas diskusi atau menjadi pengajar di kelas-kelas kursus reguler.

Pendidikan Informal

Taman Baca YAKOBI

Rumah Baca YAKOBI bertujuan untuk menumbuhkan budaya baca bagi anak-anak, remaja, kaum ibu dan masyarakat pada umunya. Taman Baca Masyarakat  berfungsi sebagai sarana berkumpul dan bersosialisasi masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan asupan kebutuhan informasi bagi masyarakat. Kehadiran Rumah Baca diharapkan mampu menumbuhkan motivasi bagi orang tua untuk menumbuhkan minat baca di dalam keluarga,  pengembangan bakat dan kreatifitas anak.

Program

Peningkatan Kapasitas

Peningkatan Kapasitas

Lingkar Belajar

Lingkar Belajar (learning network) adalah jaringan aksi pembelajaran sebagai inisiatif  untuk menumbuhkan dan mengembangkan beragam aktifitas secara mandiri di dalam komunitas sehingga dapat memaksimalkan potensi lokal terkait  peningkatan pendidikan, lingkungan dan budaya dalam bentuk komunitas belajar lokal.Komunitas belajar ini bertujuan untuk menggali informasi lebih detil mengenai kebutuhan mendasar dari bentuk edukasi yang paling relevan dan mudah diaplikasikan oleh komunitas. Lingkar belajar menjadi sarana penguatan diantara sesama komunitas. Jaringan akan memungkinkan mobilisasi sumberdaya untuk mencapai tujuan bersama.

Peningkatan Kapasitas

Perempuan Inspirasi

Perempuan Inspirasi adalah program gerakan kesadaran untuk perempuan, ibu rumah tangga dan remaja perempuan sebagai kesempatan untuk tumbuh, berkembang dan berkarya. Program ini memberikan ruang belajar dan ruang diskusi dalam bentuk peningkatan kapasitas bagi kaum perempuan. Tujuannya adalah untuk menemukan kekuatan dan potensi kaum perempuan dalam melakukan kegiatan kreatif dan menginspirasi sehingga mereka menjadi inspirator dan motivator bagi perempuan lainnya di komunitas mereka. Salah satu peran penting kaum perempuan adalah pendidik dalam keluarga.  Selain kebutuhan akademik anak, pendidikan terhadap wawasan lingkungan dan kesehatan juga menjadi hal yang pokok untuk di tumbuhkan dalam keluarga dan masyarakat. Program perempuan inspirasi  ini akan mendorong usaha penyadartahuan kaum perempuan terhadap tantangan lingkungan dan sosial serta potensi kekuatan yang berasal dari dirinya.