Wednesday , 18 October 2017

Sejarah

Yayasan Komunitas Belajar Indonesia (Yakobi) merupakan lembaga nirlaba yang berkomitmen untuk  menciptakan komunitas  belajar  yang  kreatif, berdaya, antusias dan dinamis di Kabupaten Berau melalui peningkatan kualitas dan kapasitas komunitas belajar yang bertujuan untuk membangun kemandirian dan kemerdekaan terhadap kebutuhan pendidikan bagi anak – anak, remaja dan orang dewasa .

Yakobi mendorong tumbuhnya komunitas – komunitas belajar yang mandiri dengan pendekatan pendidikan informal sebagai pusat pengajaran, pengetahuan, dan informasi dalam bentuk mobilisasi kelas masyarakat. Proses belajar kreatif, menyenangkan dan keberanian menggambarkan mimpi digunakan sebagai metode untuk menggali pengetahuan dan kebanggaan lokal untuk meningkatkan kapasitas dan mentalitas SDM lokal di Kabupaten Berau.

Komunitas belajar  ini diawali dari penyelenggaraan kursus Bahasa Inggris(ELC Berau) yang telah banyak memberikan kontribusi untuk pendidikan kreatif di Kabupaten Berau sejak tahun 2006.  Kemudian komunitas belajar ini bertransformasi menjadi YAKOBI untuk meluaskan program  dan menjangkau wilayah yang lebih luas.

YAKOBI lahir pada pertengahan tahun 2011, dibulan kemerdekaan sebagai refleksi  terhadap kemerdekaan potret  pendidikan di Indonesia.  Sejak tahun 2011 pula YAKOBI telah aktif memfasilitasi berbagai kegiatan pendidikan dan konservasi lingkungan bersama mitra lokal, nasional dan internasional serta menjalin komunikasi aktifjaringan Guru, Pemuka  Agama dan Masyarakat .

Yayasan Komunitas Belajar Indonesia  (YAKOBI)  berkedudukan  di pusat kota Tanjung Redeb,  Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. YAKOBI saat ini memfokuskan mimpi besarnya untuk  membangun Sekolah Alam untuk mendorong pendidikan yang kreatif, inspiratif  dan  menyenangkan. Sejak awal tahun 2013 YAKOBI telah  memfasilitasi lebih dari 60 anak  untuk pendidikan gratis melalui program membership dan memberdayakan lebih dari 10 mahasiswa lokal sebagai tenaga pengajar.

Struktur dasar organisasi  YAKOBI  terdiri atas Pembina, Pengawas dan Susunan Pelaksana Program yang melakukan pertemuan secara berkala dengan berbagi saluran media komunikasi. Pelaksana program YAKOBI  yang digawangi oleh mahasiswa putra-putri daerah Kabupaten Berau yang dikenal dengan sebutan fantastic five

One comment

  1. Dua hari di Kampus Singkoang bersama Yakobi melaksanakan sharing pendidikan dalam bidang lingkungan hidup. Asyik kami dilatih menjadi penyiar Radio dan Narasumber dalam edisi pendidikan lingkungan hidup. Trio S peduli lingkungan dan pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*