Wednesday , 18 October 2017

Profil Staf

GRGilang Ramadhan
Direktur Eksekutif

Gilang Ramadhan, lebih akrab dengan nama panggilan Kak gilang, Direktur Program Yakobi ini lahir di Muara Jawa 21 April 1989, sebuah desa kecil dipinggiran kota Tenggarong, Kutai Kartenegara. Lulusan Bahasa Inggris fakultas Pendidikan STIT Muhammadiyah Kabupaten Berau ini, menghabiskan awal-awal tahun kuliahnya bekerja sebagai analis data pada perusahaan penyedia spare part mobil. Ia selanjutnya merambah karier dengan ikut dalam beberapa organisasi, tercatat namanya muncul sebagai salah satu mahasiswa muda pendiri MAPALA STIT Muhammadiyah.

Kesempatan Pertama bersentuhan langsung dengan aktivitas pendidikan dan konservasi ia peroleh pada saat menjadi mahasiswa magang di TNC (The Nature Conservancy), salah satu lembaga konservasi alam terdepan asal Amerika Serikat. Selanjutnya ia bekerja sebagai staf komunikasi di lembaga yang sama. Pecinta trekking, penggila sastra, seni dan sejarah ini memiliki impian besar untuk menghidupkan komunitas belajar di berbagai pelosok wilayah Kabupaten Berau dan berupaya untuk meraih gelar masternya di Eropa. Berbagai rencana dan workplan telah ia susun bersama timnya. Yakobi sendiri merupakan sebuah yayasan yang berfokus dan peduli terhadap peningkatan kapasitas manusia dan transfer keilmuan dengan cara mulai menghidupkan komunitas – komunitas belajar lokal. Kak Gilang saat ini tinggal di Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur.

ZAZakiah
Finance Manager

Zakiah atau panggilan akrabnya Kak Za atau Kak Kiah ini terlahir sebagai putri bungsu 25 tahun silam pada 28 Mei di kota Tanjung Redeb. Penyuka roti sumbu atau singkong rebus  ini mengaku kuliner tersebut mengingatkannya akan makna kesederhanaan. Mahasiswi tingkat  akhir jurusan Pendidikan Agama Islam di STIT Muhammadiyah memiliki hobby menghitung dan menggambar  karakter kartun komik manga yang berasal dari Jepang. Pernah Bekerja di berbagai tempat untuk dapat terus melanjutkan pendidikan dan agar dapat membahagiakan ke dua orangtuanya, Gadis dari keluarga Banjar ini ingin mengejar impiannya belajar di negeri Madinah dan Jepang. Kecintaannya kepada  anak-anak  memberikan inspirasi bahwa anak-anak punya cara luar biasa dalam mengekspresikan hidup dan  tidak takut akan tantangan.

Pengalaman berorganisasi, semangat belajar yang tinggi dan kegemarannya  bertemu dengan banyak orang, telah memberinya inspirasi dan motivasi  untuk terus menggali ilmu, serta dengan semangat kebersamaan, yang pada akhirnya  mengantarkan gadis yang piawai mengelola keuangan ini  untuk terus mengembangkan potensi diri dengan bergabung di YAKOBI.

Kak Zakiah yang saat ini berdomisili di Bukit Maritam Tanjung Redeb memiliki keinginan terbesar untuk membahagiakan kedua cahaya hidupnya (kedua orangtua). Hal ini yang menjadi motivasi dan keyakinan bahwa Alloh SWT selalu memudahkan langkah bagi hambaNya untuk mencari, mendapatkan dan membagikan ilmu.

SHSariadi Hamda
Program Development Manager

Sariadi Hamda, akrab dipanggil Kak Ari ini adalah pemuda dengan segudang aktifitas.  Kak ari yang merupakan mahasiswa tingkat akhir di STIT Muhammadiyah, mengawali keterlibatannya bersama YAKOBI sebagai mahasiswa pencinta alam. Keanekaragaman hayatiyang bagi sebagian pemuda-pemudi merupakan hal yang menjemukan,menjadihal yang mengasyikkan sekaligus menantang bagi lelaki kelahiran Sengkang Sulawesi Selatan  28 Oktober 1991. Keikutsertaannya dalam berbagai ekpedisi lapangan bersama lembaga international memberikan pengalaman dan pengetahuan yang luas. Mengambil fokus utama pada Kingdom Animalia, penelitian yang ia lakukan memperkenalkannya kepada beberapa peneliti asing yang banyak memberinya informasi terkait teknik pengumpulan data, pengidentifikasian obyek satwa dan berbagai cara yang membuatnya lebih paham dan mengerti tentang seluk beluk penelitian biodiversity.

Lelaki penggila gadget ini mengaku bahwa alamlah yang memberinya inspirasi untuk terus berbagi dengan masyarakat sekitarnya. “Alam itu mempunyai banyak rahasia yang tidak kita ketahui, setiap petualangan dan ilmu yang kita dapat dari alam menjadi guru terbaik bagi umat manusia…”

Memegang peran sebagai Manajer Program, ia banyak melakukan fasilitasi program pendidikan dan pendampingan kepada komunitas. Setiap ide yang ia tuangkan selalu berkaitan dengan kecintaannya terhadap alan dan manusia. Semangat “Man Jadda Wa Jadda”nya bisa menjadikan menginspirasi muda-mudi seusianya untuk terus berkembang dan melestarikan alam.

NANurul Auliani Saputri
Kordinator Program PKBM

Nurul Auliani Saputri, gadis asli berau ini lahir pada 23 Desember 1991 di daerah asalnya Tanjung Redeb. Kak Nurul, begitu biasa mahasiswi ini dipanggil oleh beberapa murid asuhannya. Tercatat sebagai mahasiswi tingkat akhir jurusan Pendidikan Agama Islam di  STIT Muhammadiyah Kabupaten Berau. Mahasiswi yang dikenal periang ini pernah bergabung dalam beberapa organisasi kemahasiswaan, ia juga pernah mengikuti lomba Siar Radio Islam, kemampuan komunikasi dan kelembutan katanya mengantarkannya menjadi juara 1 dalam lomba ini.

Bergabung dengan Yakobi sekitar pertengahan 2012, dan mengisi posisi sebagai  manager Operasi dan Kordinator Program PKBM. Nurul yang sangat senang mengoleksi buku-buku ini ingin selalu terus belajar dan berbagi dengan orang-orang di sekitarnya. Salah satu alasan kenapa ia bergabung di YAKOBI adalah karena ia percaya bahwa dengan mengenal dan bertemu dengan banyak orang maka ilmu yang kita dapat bisa diamalkan dan terus dikembangkan.

MYMirnawati
Finance and Account Staff

Mirnawati, gadis asal Sulawesi Selatan ini lahir pada 7 Agustus 1990 di Santan Ilir Kabupaten Bontang. Kak Mirna adalah sapaan akrab dari murid-muridnya. Mahasiswi tingkat akhir jurusan Pendidikan Bahasan Inggris di  STIT Muhammadiyah Kabupaten Berau ini, dikenal periang dan senang memasak. Saat ini ia sedang memfokuskan penelitian tugas akhir mengenai metode pengajaran aktif  di sekolah.

Impiannya menjadi guru teladan dan kegemarannya dalam mengajar mengantarkannya bergabung bersama Yakobi pada Januari 2014. dan  mengisi posisi sebagai  Admin pengelolaan kelas reguler kursus bahasa inggris (ELC).  Kak Mirna yang gemar musik dan membaca ini berharap agar Kota Berau ini dapat menjadi kota teladan melaui pendidikan bagi masyarakat. Bersama –sama rekan YAKOBI,Kak Mirna berupaya mewujudkan mimpi untuk mendirikan sekolah alam pertama di Kabupaten Berau. Saat ini Kak Mirna berdomisili di Tanjung Redeb dan sedang meraih mimpinya untuk  melakukan perjalanan  ke Eropa.

IMG_20140715_111015Ramahdani
Finance of Community Builder

Ramahdani, Gadis yang selalu tampil enerjik  ini merupakan mahasiswa tingkat akhir di salah satu sekolah tinggi kab. Berau. Sikap sopan dan rasa ingin tahu yang besar mengantarkan si kece Kelahiran Kamirie, Sulawesi selatan  23 tahun silam tersebut bergabung  disalah satu LKP di kab. Berau dan sukses menjadi pengurus di Dewan Pengurus Cabang Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (DPC HIPKI Kab. Berau) pada devisi Pengelolaan dan pengembangan lingkungan.

Selain senang kumpul, syiar dan berbagi ilmu serta pengalaman dengan kawan-kawan YAKOBI, disela waktu liburnya, ka Ramah, begitu ia sering dipanggil selalu menyempatkan diri untuk dapat nongkrongin serial The walking Dead dan acara Dunia Hewan di Natioanal Geografi favoritenya.

Ngefans berat dengan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, membuat sulung kece ini berprinsip untuk hidupnya agar “Berani karena benar , takut karena salah” . Oh iya, mimpi hebat ka Ramah adalah ia ingin menjadi seorang pengusaha sukses katanya “biar bisa dikenal orang, banyak saudara, terutama banyak rezeky J” amiin, semoga tercapai, biar kecipratan rezekynya, hehe ^^.

IMG_0870Novita Dyah Forentina
Program Officer of ELC

Novita Dyah Forentina si pecinta buku yang gemar menulis cerita ini lahir di Bontang – Kalimantan Timur pada tanggal 29 November 1992. Berawal dari kegemaran sang Ibu mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, Kak Vita kecil malah menjadi salah satu penggemar bahasa asing, terutama Bahasa Inggris. Saat ini, Kak Vita sedang dalam proses belajar dan mengembangkan diri melalui YAKOBI sebagai bekal untuk meraih cita-citanya belajar di Negara Kangguru.  Kak Vita bergabung di YAKOBI sejak April 2015 sebagai volunteer hingga pada Agustus 2015, ia diberi kepercayaan untuk menjadi salah satu staff dan pengajar di salah satu unit LKP English Learning Center (ELC). Selain ingin mewujudkan mimpi dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya, Kak Vita juga sangat bersemangat untuk berpartisipasi dalam misi YAKOBI, yaitu ‘Meng-Inggriskan Berau’.

IMG_0905Asniar
Admin Officer of ELC

Asniar atau lebih akrab dipanggil Kak Niar lahir di Berau pada 05 Mei 1990. Anak ke 2 dari 5 bersaudara ini sangat gemar berolahraga dan menonton film. Selain itu, Kak Niar adalah salah satu pecinta benua  Eropa dan Timur Tengah ini sangat ingin sekali ke Negara Turki dan Madinah. Waktu kecil, Kak Niar sempat bercita-cita ingin menjadi Polwan. Namun saat duduk di kelas 3 SMA, harapan ingin menjadi Polwan harus kandas karena niatnya lebih besar untuk berhijab. Kak Niar merupakan lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat jurusan Gizi dan Reproduksi Universitas Muslim Indonesia Makassar (UMI). Setelah selesai kuliah, ia pernah bekerja di perusahaan pembiayaan sepeda motor sebagai staff administrasi selama 3 tahun. Akhirnya, pada tanggal 11 April 2016, Kak Niar bergabung sebagai tim English Learning Community (ELC).  Karena belajar bisa di mana saja dan dalam bidang apa saja, tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*