Wednesday , 13 December 2017

Profil Pembina

ASAsri ST,
Advisor

Asri  ST, tokoh pemerhati  pendidikan di Kabupaten Berau  yang akrab di sapa Mas Asri. Terlahir sebagai putra seorang petani pada 1 Agustus di Desa Cillelang Sulawesi Selatan, beliau dikenal sebagai figur yang ramah, bijak dan sederhana. Mas Asri yang menyukai traveling dan fotografi ini memiliki segudang aktifitas. Sejak pelancongannya ke KabupatenBerau, Kalimantan Timur, berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan ia geluti. Suara khasnya akrab didengar oleh pendengar saat ia menjadi  penyiar radio lokal untuk program Bahasa Inggris. Ia juga aktif dalam berbagai aktifitas jurnalistik dan kesehatan. Kearifan hidupnya yang memegang prinsip, ‘manusia mestilah bermanfaat bagi sesama baik itu tenaga dan pikiran’. Beliau banyak menyibukkan diri sebagai tenaga sukarelawan dalam berbagai kegiatan sosial Hal tersebut mengantarkannya pada perjalanan memfasilitasi penelitian dan pelancong keberapa tempat eksotik di Kabupaten Berau untuk program konservasi lingkungan dan wisata.

Beliaupun teramat perhatian pada pendidikan, sehingga bersama beberapa rekan, beliau membuat suatu komunitas kecil yang bekerjasama dengan Kangoroo Indonesia. Komunitas ini merupakan cikal-bakal Yayasan Komunitas Belajar Indonesia (YAKOBI) yang awalnya merupakan komunitas English Learning Community (ELC). Mas Asri yang  tercatat sebagai alumni fakultas Teknik Industri Universitas 45 Makasar, saat ini sedang melanjutkan study S2 nya di Australia melalui program beasisiwa ADS. Perjalanannya hingga study di Austarlia memberikan inspirasi bagi banyak anak muda di kota Tanjung Redeb. Saat ini Ia menjabat sebagi Ketua Dewan Pembina Yayasan Komunitas Belajar indonesia.

 

TNTadir, S.Ag.
Advisor

Tadir, S.Ag. Tokoh pendidikan yang telah mewarnai lebih dari 13 tahun aktifitas pendidikan di Kabupaten Berau sebagai seorang guru Bahasa  Inggris. Lulusan IAIN Alauddin Makassar ini  akrab dipanggil dengan sapaan Tedy atau Uncle Tedy oleh siswa dan para sahabatnya. Penyuka traveling ini selain sebagai seorang guru juga mengantongi lisensi sebagai instruktur pemandu wisata. Figur guru yang dikenal ramah dan penyabar ini merupakan anak keempat dari delapan bersaudara yang lahir pada 1 Oktober 1971 dan saat ini berdomisili di Kelurahan Bedungun. Pengalaman panjangnya sebagai pengajar tidak membuatnya berhenti dan berusaha untuk terus bisa menjadi guru yang baik dan menginspirasi. Uncle Tedy juga melibatkan dirinya dalam berbagai organisasi sosial dan pendidikan informal. Impian selanjutnya Uncle Tedy ingin menjadi seorang motivator dan trainer untuk kemajuan pendidikan khususnya yang ada di Kabupaten Berau.

Sebagai salah satu Pembina  YAKOBI, ia berharap Yayasan Pendidikan ini dapat menjadi model Yayasan Pendidikan Komunitas di Kabupaten Berau. Saat ini Unlce Tedy aktif memberikan seminar dan training dalam berbagai kegiatan Yayasan.

 

NSNurseha, SS.
Advisor

Nurseha, SS. atau biasa di sapa Kak Seha, merupakan Pengawas Pelaksana Program YAKOBI. Terlahir sebagai putri dari keluarga petani pada 14 mei 1975  di Desa Cillelang Sulawesi Selatan, Ibu Rumah Tangga yang juga berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil ini dikenal pribadi yang ramah dan pekerja keras. Beliau tercatat sebagai alumni Fakultas Sastra Inggris di  Universitas 45 Makasar. Semasa kuliah beliau aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan pernah menjadi Ketua Himpunan Senat. Komitmen dan keyakinannya untuk meraih cita Beliau buktikan bahwa keterlibatannya dalam berbagai organisasi tidak menghambatnya dalam hal pencapaian akademis dan kelululusan. Penyuka tenis meja dan senang membaca ini, memulai perjalanannya ke Kabupaten Berau pada tahun 2000. Sempat bekerja di salah satu perusahaan kayu lokal kala itu, Kak Seha meyakini bahwa seorang perempuan dapat berhasil sukses di perantauan. Keyakinannya pun terbayar, melalui penjaringan pegawai pemerintahan, saat ini beliau menduduki posisi sebagai Kasubid Pengembangan Karir Pegawai pemerintahan di Kantor BKD Kabupaten Berau. Beliau aktif memfasilitasi Diklat Pengembangan Karir dan Tugas Belajar Pegawai Negeri Sipil yang ada di Kabupaten Berau.    Beliau berharap kehadiran YAKOBI dapat menumbuhkan kemandirian dan peningkatan kapaistas kaum muda dan pelajar melalui pendidikan.