Wednesday , 13 December 2017

Pendidikan Informal

Pendidikan informal YAKOBI

Pendidikan Informal merupakan layanan pendidikan berbasis masyarakat yang memiliki peran strategis sebagai wadah untuk memfasilitasi peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat.  Pendidikan informal muncul sebagai konsekuensi dari tuntutan perubahan paradigma belajar dari model pembelajaran tradisional ke arah model pembelajaran moderen.  YAKOBI membangun instrumen pendidikan melalui pendekatan psikologi positif dengan model pendidikan keluarga (homeschooling) yang mensinergikan  aspek sosial, lingkungan dan ekonomi melalui proses pembelajaran sepanjang hayat guna meningkatkan kualitas hidupdan kesejahteraan masyarakat.

Pendidikan tidak lagi dipandang terpisah antara interaksi sosial, lingkungan sekitar dan peluang –peluang ekonomi melalui potensi dan kompetensi lokal yang ada.  Pendekatan ini menanamkan esensi dasar dalam pendidikanyaitu pengetahuan, keterampilan, perspektif dan nilai-nilai untuk menciptakan lingkungan yang positif, perubahan sosial dan ekonomi. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan sikap kritis dan kreatif bagi manusia sehingga menjadi komunitas yang berdaya dan menciptakan hasil yang berkelanjutan. Konsep ini yang disebut dengan pendidikan pembangunan berkelanjutan .

Untuk menjembatani kebutuhan program pendidikan informal tersebut YAKOBI mendirikan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) sebagai satuan penyelenggaraan pendidikan informal dibawah pembinaan unit Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Diknas Pendidikan Kabupaten Berau.