Wednesday , 13 December 2017
YAKOBI – ELC GOES TO GENERAL ENGLISH CLASS

YAKOBI – ELC GOES TO GENERAL ENGLISH CLASS

Hanya dibutuhkan waktu sekitar lima belas menit, General English Class langsung menjadi kelas yang ramainya seperti pasar pagi. Padahal awalnya para peserta hening sekali, mungkin saja karena baru saling temu dengan fasilitator. Setelah menjalani sesi perkenalan dan masing-masing peserta harus menunjukkan gerak tubuh andalannya, suasana kelas jadi lebih cair dan penuh tawa.

Dalam bulan Juli 2016 ini, YAKOBI-ELC diundang untuk mengisi General English Class di Grand Parama Hotel Tanjung Redeb. Para peserta yang hadir adalah sebanyak 45 orang dari berbagai posisi pekerjaan, mulai dari cleaning service, accounting, front office, bahkan security. Mereka sangat berharap bisa berbicara bahasa Inggris jika ada tamu orang asing yang datang ke hotel.

Menurut Kak Saban selaku training coordinator di Grand Parama Hotel, “setiap peserta yang hadir sebenarnya sebagian sudah bisa berbahasa Inggris sedikit demi sedikit, namun belum punya keberanian untuk berbicara langsung—dengan foreigner—  karena takut salah.”

Dari pengakuan tersebut, YAKOBI-ELC mencoba untuk memberikan materi debate dan story telling yang sederhana agar mudah diterima oleh para peserta. Metode belajar yang digunakan dalam kelas ini juga sesuai dengan jargon andalan YAKOBI-ELC, Fun English Learning. Setiap fasilitator berusaha menghidupkan suasana senyaman mungkin dan ‘segila’ mungkin agar setiap peserta tidak malu-malu lagi.

Pada akhir pertemuan, setiap peserta diberi kesempatan untuk bercerita mengenai pengalamannya dengan menggunakan kartu yang kami sebut “creative card”. Jadi, masing-masing peserta diminta untuk mengambil dua buah kartu dan mengungkapkan pengalaman mereka selama belajar dengan menggunakan bahasa Inggris.

“There are so much options in the game but  you have to be fair” – Vino, participant.

“I’m happy to have chance studying English in this class, because my English is not very well. I also proud can meet with my old friend, here.” – Faik, participant.

“In this class, we can laugh together, did  fun games, and have a good teamwork. We also can be free to express ourself  in this class.” – Lia, participant.

“I love this class, the participants are so crazy. The interesting experience in this class is, I can find a participant with unique accent. He is like Hindi, but he isn’t  move his head like that ah.” – Vita, facilitator.

“The class was very interesting and the students have a big enthusiasm.” – Asri, facilitator.

Dari beberapa pernyataan para peserta di atas, mereka banyak mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan. Bukan hanya itu, sepertinya para fasilitator juga mendapatkan pengalaman menarik dari General English Class tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*