Wednesday , 13 December 2017
YAKOBI-ELC GOES TO CAMPUS “BERBAGI KISAH, MENEBAR INSPIRASI”

YAKOBI-ELC GOES TO CAMPUS “BERBAGI KISAH, MENEBAR INSPIRASI”

“… dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa,”

Penggalan isi pembukaan UUD 1945 alinea keempat itu memekik lantang diantara kebisingan obrolan tugas-tugas kuliah yang seketika terhenti.

Pada tanggal 26 Mei 2016, YAKOBI melalui unit LKP English Learning Community (ELC) mengadakan kegiatan YAKOBI-ELC Goes To Campus “Berbagi Cerita, Menebar Inspirasi”. Setelah YAKOBI-ELC mengunjungi beberapa Sekolah Menengah Atas pada bulan Maret lalu untuk berbagi inspirasi, kali ini kami melibatkan rekan-rekan mahasiswa dan berkunjung ke Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah (STITM) Tanjung Redeb.

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah (STITM) diplih sebagai tujuan penyebaran “virus-virus” inspirasi itu. Mengingat, kampus tersebut adalah basis dari jurusan pendidikan, khususnya Pendidikan Bahasa Inggris yang menjadi fokus YAKOBI.

Para calon guru tersebut begitu khidmat menyimak pengalaman-pengalaman yang dialami oleh Kak Saddang Husain, salah satu mitra pendidik dari program SM-3T pendidik di Kampung Long Lamcin, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau.

Ia bercerita bagaimana kesan-kesannya selama mengajar di sekolah daerah terluar yang minim fasilitas sekolah, tenaga pendidik, bahkan minim siswa. Dimana, sering kali terdengar keluh-kesah rekan-rekan yang berkunjung ke YAKOBI yang hanya sekadar bercerita dan berdiskusi bagaimana caranya meng-handle siswa-siswi yang mereka hadapi di tempat mereka melaksanakan kegiatan praktik lapangan. Padahal, sekolah yang menjadi tujuan praktik lapangan mereka adalah sekolah yang berada di sekitar Tanjung Redeb dan–bisa dikatakan—lengkap segala fasilitasnya. Namun hari itu, YAKOBI berupaya membawa semangat baru itu melalui mitra kami dan berharap dapat menumbuhkan lagi semangat belajar dan mendidik yang mulai layu.

“Siapa yang bertugas untuk menunaikan janji “mencerdaskan kehidupan bangsa”, selain generasi kita saat ini.”

Lagi-lagi, kalimat “mencerdaskan kehidupan bangsa” dapat menjadi salah satu pelecut semangat rekan-rekan dalam menjalani peran mereka sebagai calon sarjana pendidikan serta menjadi janji para pendidik generasi penerus bangsa kelak.

2 comments

  1. You’re welcome Yakobi. Sangat bangga rasanya bisa berpartisipasi dalam secuil dari kegiatan besar nan bermanfaat dari teman teman. Yakobi, nurturing people, transforming life!

  2. It was dark when I woke. This is a ray of suehnins.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*