Tuesday , 23 January 2018

Pelatihan Penyadartahuan untuk Kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ditingkat Akar Rumput Mengenai Perubahan Iklim dan Peran Hutan

Pelatihan mengenai perubahan iklim dan peran hutan dalam pengurangan dampak perubahan iklim kepada kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam mendukung  program  ke-9 dari 10 program pokok PKK mengenai kelestarian lingkungan hidup,  telah dilaksanakan pada tanggal 13 dan 14 November 2014 di Kecamatan Biduk-biduk. Dalam pelatihan selama dua hari tersebut para peserta yang merupakan perwakilan PKK dari 5 kampung di kecamatan Biduk-biduk ini telah melakukan identifikasi perubahan kondisi alam yang terjadi disekitarnya dan membangun kesadaran untuk menanggulangi dampak perubahan kondisi alam tersebut. Begitu pula halnya dengan pemahaman mengenai peran hutan dalam kehidupan mereka terutama mengenai upaya memitigasi dampak perubahan iklim.

Pelatihan ini betujuan untuk memberikan informasi dan penyadartahuan dikalangan Kelompok PKK untuk meningkatkan pengetahuan anggota PKK mengenai fenomena perubahan iklim, sehingga dapat melakukan upaya penyebaran informasi dan penyadartahuan di masyarakat  khususnya kaum ibu atau perempuan di masing-masing kampung yang menjadi binaannya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inisiatif penyadartahuan dan membangun ruang belajar bagi perempuan agar bisa menyampaikan pendapat dan aspirasinya dalam bentuk pendidikan lingkungan ditingkat keluarga dan masyrakat binaan terkait masalah lingkungan, perubahan iklim dan pentingnya peran hutan dalam mitigasi perubahan iklim.

Upaya ini menjadi hal yang perlu mendapat perhatian untuk memperkuat peran perempuan sebagai  bagian penting dalam masyarakat. Partisipasi perempuan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, untuk mengawasi terjadinya kerusakan dan pencemaran lingkungan akan memberikan dampak baik bagi pendidikan di keluarga dan lingkungan sekitarnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Yayasan Komunitas Belajar Indonesia (YAKOBI) dengan dukungan dari The Regional Community Foresty Training Center For Asia and the Pacific (RECOFTC) akan mengadakan kegiatan tindak lanjut dari pelatihan PKK yaitu Pelatihan Penyadartahuan untuk Anggota PKK dan Kaum Ibu mengenai Perubahan Iklim dan Peran Hutan dalam Mengurangi Dampak Perubahan Iklim di masing-masing Kampung.

Download (PDF, 6.08MB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*