Tuesday , 23 January 2018
14 Kampung Ikuti Pelatihan Keuangan ADK Menggunakan Simkeukam
SOSIALISASI: 14 kepala kampung di Kecamatan Sambaliung mengikuti pelatihan tata kelola keuangan kampung dengan sistem software

14 Kampung Ikuti Pelatihan Keuangan ADK Menggunakan Simkeukam

SAMBALIUNG – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (BP-MPK) Kabupaten Berau bekerjasama dengan The Nature Conservancy (TN C) memberikan peiadhan Sistem Informasi dan Keuangan Kampung (Simkeukam), Senin (24/2).

Tim pelatih dari TNC, Fakhrizal Nashr kepada media ini mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk menguatkan proses penyusunan administrasi perencanaan partisipatif, penganggaran untuk Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK), serta sistem informasi dan laporan keuangan Alokasi Dana Kampung (ADK), sehingga kampung dapat membuat laporan keuangan kampung menjadi akurat dan berbasiskan aplikasi perangkat lunak.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjalankan amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72/2005 yang mengatur tentang sumber pembiayaan kampung dari sumber-sumber Pendapatan Asli Kampung.

Pemerintah pun mempunyai kewajiban untuk memberikan transfer dana bagi kampung, hibah ataupun donasi. Menurutnya, penggalian informasi melalui jajak pendapat yang dilakukan terhadap aparatur kampung menunjukkan bahwa mereka pada umumnya mengenal dan mengetahui bantuan keuangan ADK. Namun sebagian besar aparatur kampung masih banyak yang belum memahami bagaimana mengelola dana ini, termasuk keuangan kampung secara menyeluruh, hingga cara dan bentuk pelaporan yang harus dilakukan.

Melalui pelatihan ini, kepala kampung diberi sosiallsasi mengenai aplikasi dana kampung dengan sistem Software. Pelatihan ini dihadiri 14 Kepala Kampung meliputi Sambaliung, Long Lanuk, TumbitDayak, Bena Baru, Inaran, Pekat Bukur, Rantau Panjang, Suaran, Pilanjau, Pesayan, Bebanir Bangun, Sukan Tengah, Tanjung Perangat, dan Kepala Kampung Gurimbang. Pelatihan direncanakan di 13 kecamatan di Berau. Berikutnya, dilakukan di Kecamatan Teluk Bayur, Gunung Tabur, Kelay, Segah, Pulau Derawan, dan Maratual (*/pra/asa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*